Unpam Kembangkan Pendidikan Berbasis Enterpreuner



Unpam Kembangkan Pendidikan Berbasis Enterpreuner

Tangerang Selatan (23/3/2019) : Unpam akan mengembangkan pendidikan berbasis pada enterpreuner. Hal itu disampaikan rektor pada peretemuannya dengan Bohan Group di Ruang Kerja Rektor lt 9 Kampus II, 22 Maret 2019 utnuk perpanjangan MoU.

Pengembangan pendidikan berbasis enterpreuner tersebut merupakan hasil pemikiran bersama untuk mengatasi angka dropout di Unpam. Saat ini angka drop out di Unpam sangat tinggi sekakali untuk ukuran perguruan tinggi, 11%. Berdasarkan hasil penelusuran, mayoritas mahasiswa yang DO tersebut akibat tidak bisa melunasi SPP.

“Angka DO mayoritas karena tidak bisa melunasi SPP. Sisanya mutasi dari tempat kerja” Papar Rektor Unpam, Dr. H. Dayat Hidayat, M.M.

Rapat Perpanjangan MoU dengan Perusahaan Bohan Group

Untuk itu, rektor meminta kepada LPPP, LPPM, LPM untuk mengkaji penerapan pendidikan berbasis enterpreuner agar tidak bertentangan dengan regulasi pemerintah. Pendidikan berbasis enterpreuner tersebut berupa praktik lapangan pada mata kuliah tertentu tentang bagaimana menawarkan barang dan menjualnya. Mahasiswa nantinya akan memperoleh keuntungan dari margin penjualannya. Tujuan penerapan tersebut agar mahasiswa tersebut nantinya memiliki mental pengusaha sehingga memiliki uang untuk membayar SPP.

“Ini nanti bukan mahasiswa membayar SPP, tetapi Unpam yang membayar mahasiswa. Saat ini memang sudah diterapkan untuk beberapa mata kuliah di Fakultas Ekonomi”.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Unpam melalui Pusat Inkubator Bisnis dan Kewirausahaan (Pinbik) menggandeng beberapa perusahaan seperti Bohan Grup dan Pangan Sari. Ke depannya, Pinbik akan menggandeng beberapa perusahaan besar untuk mendampingi pembelajaran tersebut. Sebelumhya, Pinbik berhasil mencetak pengusaha muda dari kalangan mahasiswa berbagai prodi. Sebagian dari pengusaha muda binaan Pinbik mendapatkan modal usaha dari Kementerian Koperasi dan UMKM. (MIS)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *