Prof. Dr. Yoyon Suryono, M.S. Pimpin Studium General Menuju Visi 2024



Prof. Dr. Yoyon Suryono, M.S. Pimpin Studium General Menuju Visi 2024

Tangerang Selatan (29/3/2019) : Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Unpam menggelar studium general terkait program menuju visi Unpam di tahun 2024. Studium general tersebut dilaksanakan 29 Maret 2019 di Ruang Data Kampus II dan dihadiri oleh seluruh pejabat struktural Unpam dan STMIK Eresha. Untuk menyukseskan kegiatan tersebut LPM mengundang Staff Ahli UNY, Prof. Dr. Yoyon Suryono, M.S. sebagai pemateri utama.

Dalam materinya, Guru Besar UNY tersebut mengingatkan bahwa akreditasi perguruan tinggi dan prodi sangat penting untuk diperhatikan. Hal itu karena akreditasi merupakan tuntutan pemerintah yang harus dijalani penyelenggara pendidikan tinggi. Menurutnya saat ini ada banyak prodi yang berlomba-lomba mengajukan akreditasi ke BAN-PT. Karena sudah mendekati batas akhir pengunggahan dokumen borang 7 standar membuat tim borang harus menginap di kampus.

“Kalau dulu kita berjuang melawan penjajah, sekarang kita berjuang melawan (menghadapi/Red) akreditasi”

Selain akreditasi, perguruan tinggi juga harus memiliki daya saing agar menjadi ciri khas perguruan tingi tersebut. Menurutnya, daya saing harus diciptakan agar mampu bersaing dengan perguruan tinggi lain sehingga mampu bertahan di tengah perkembangan zaman yang pastinya akan selalu berubah-ubah.

“Unpam memiliki daya saing yaitu akses dan terjangkau. dan ini bisa jadi daya saing internasional”

Menurutnya, hanya Unpam yang memiliki daya saing akses dan terjangkau. Sehingga bisa jadi itu merupakan daya saing tingkat internasional karena belum ada perguruan tinggi selain Unpam yang memiliki daya saing tersebut.  Meskipun demikian, Unpam harus tetap berkontribusi membangun daerah sekitar.

“Unpam harus tetap berkontirbusi membantu wilayah banten karena dulu banten ini anak tiri Jawa Barat”.

Ketua Yayasan Sasmita Jaya, Dr. (H.C.) Darsono mengatakan kegiatan ini penting dilaksanakan untuk membimbing Unpam dalam rangka mewujudkan Unpam menjadi lembaga yang baik. Menurutnya budaya yang ada di Unpam sudah masuk dalam perjalanan untuk mewujudkan cita-cita menuju peringkat 40 besar nasional pada tahun 2024.
“Hubungan kita dengan UNY sangat baik karena saya juga anggota dewan pertimbangan UNY. apa yang telah dilakukan UNY sangat membantu kita dalam mewujudkan mimpi”.
Menurutnya, semangat civitas akademica Unpam untuk maju bersama dan emosional yang baik yang dimiliki dapat mewujudkan Unpam menjadi lebih baik. Langkah ini sangat cocok untuk masyarakat Indonesia. Unpam selalu mencari solusi atas masalah masyarakat dalam hal mengentaskan pendidikan. Yayasan hanya ingin berbuat sebanyak-banyaknya kepada orang lain namun semua itu butuh keikhlasan. Menurutnya bukan bagaimana mengumpulkan uang yang banyak tetapi bagaimana berbuat banyak untuk orang lain.

“dulunya ini daerah sepi, zona merah, tetapi Unpam bisa mengangkat daerah ini”.

Unpam bukan hanya mengharapkan apresiasi masyarakat namun juga harus mengikuti aturan pemerintah. Namun harus ada beberapa parameter yang harus Unpam capai. Peringkat Unpam di mata pemerintah masih jelek meskipun di masyarakat baik. Unpam harus menuju peringkat yang baik.

Rektor Unpam, Dr. Dayat Hidayat, M.M. mengatakan bahwa visi yang universal dan unik harus benar-benar dipahami bagaimana mengimplementasikannya di lapangan. Lambaga harus memahami variabel yang ditetapkan pemerintah. Untuk ukuran perguruan tinggi pemerintah menetapkan 6 variabel. Namun variabel kemahasiswaan dan kelembagaan Unpam masih bermasalah.

“Akreditasi lembaga harus menjadi model akreditasi di bawahnya. Ini merupakan tanggung jawab bersama untuk mewujudkan akreditasi di prodi”.


Semuanya harus membantu secara sungguh-sungguh. Unpam membentuk LPM untuk bertanya dan konsultasi mengenai kualitas perguruan tinggi. Kekuatan Unpam ada pada kebersamaan. Prodi yang besar harus membimbing prodi yang kecil. Prodi yang kecil harus mau dibimbing. Sedangkan masalah kemahasiswaan ditangani oleh warek 3 dan dibantu oleh prodi.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *