PkM Universitas Pamulang dalam Pemberdayaan Milenial Cisolok untuk Promosi Internasional Objek Wisata di Cileteuh-Palabuhanratu



PkM Universitas Pamulang dalam Pemberdayaan Milenial Cisolok untuk Promosi Internasional Objek Wisata di Cileteuh-Palabuhanratu

Universitas Pamulang (Unpam) yang diwakilkan oleh dosen dan mahasiswa dari Program Studi Sastra Inggris dan Ilmu Hukum melakukan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ke Kecamatan Cisolok, Sukabumi pada 23-25 Januari 2021.  PkM ini menyasar generasi milenial yang gemar bersosial media untuk diberdayakan dalam melakukan promosi internasional objek wisata di Cileteuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark. Pada kegiatan ini, Camat Cisolok, Kurnia Lismana, AP. menyampaikan dukungannya atas PkM Unpam yang dianggap mampu membuat milenial menggunakan sosial media sebagai sarana yang bermanfaat. Selain itu, ia juga berharap kegiatan ini dilakukan secara berkelanjutan agar berbagai objek wisata yang ada di Kecamatan Cisolok bisa dikenal dunia.

Camat Cisolok, Kurnia Lismana, AP, menyampaikan dukungannya atas PkM Unpam

Menurut ketua PkM, Sukma Septian Nasution, M.Pd., PkM ini memang direncanakan berkelanjutan dengan skema daring dan luring dengan melibatkan dosen yang menjadi anggota PkM, yaitu Laksmy Ady Kusumoriny, M.Pd., Sari Fitria, M.A., Hendrik Fasco Siregar, M.H., Frieda Fania, M.H., Siti Nurwullan, M.H. dan juga beberapa mahasiswa Unpam. Dengan memfokuskan PkM pada pemanfaatan sosial media seperti Instagram dan Tiktok, serta penulisan travel writing untuk dipublikasian di sosial media, diharapkan peserta PkM yang merupakan generasi milenial Cisolok ini bisa turut andil dalam pembangunan desanya melalui sektor promosi wisata.

Selain itu, gambaran aspek hukum juga diberikan kepada peserta agar mereka bisa berpromosi melalui sosial media tanpa melanggar UU ITE. Salah satu dosen Ilmu Hukum Unpam, Hendri Fasco, menyampaikan masalah plagiarisme seperti pelanggaran hak cipta sangat rentan terjadi dalam penggunaan sosial media sehingga pengguna sosmed perlu dibekali pengetahuan mengenai masalah ini.

Peserta PkM yang merupakan milenial Cisolok sedang berlatih membuat konten promosi internasional

Dalam kegiatan pelatihan ini, peserta yang berasal dari Karang Taruna dan PATBM Cisolok ini tidak hanya dibekali dengan pemberian materi berupa kosakata dan frasa berbahasa Inggris namun juga dengan praktik penulisan travel writing sehingga mereka nantinya memiliki kemampuan untuk mempromosikan objek wisata yang ada di Cisolok. Antusiasme peserta pelatihan makin tampak ketika peserta silih berganti mencoba menulis konten tentang objek wisata di Cisolok, seperti Pantai Karang Hawu, Pantai Cikembang, Cipanas, dan Puncak Habibi.

Perwakilan Kecamatan Cisolok dan Sivitas Akademika Prodi Sastra Inggris dan Ilmu Hukum Universitas Pamulang berfoto bersama dalam kegiatan PkM Unpam

PkM yang diawali dengan kegiatan luring ini dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Panitia PkM juga menyediakan hand sanitizer dan masker serta senantiasa mengingatkan agar peserta selalu menjaga jarak. Sebagai tindak lanjutnya, pelatihan dan bimbingan kepada pesera masih terus dilakukan lewat diskusi dan pelatihan daring hingga peserta mampu menghasilkan sebuah konten yang layak untuk mempromosikan objek wisata di Cisolok secara internasional.

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.