Tutup Diklat Kepemimpinan Futuristik, Prof. Uman : “Tidak cukup berbekal ilmu pengetahuan tanpa manifestasi kehidupan”



Tutup Diklat Kepemimpinan Futuristik, Prof. Uman : “Tidak cukup berbekal ilmu pengetahuan tanpa manifestasi kehidupan”

Tangerang selatan (20/7/2019) : Diklat Kepemimpinan Futuristik Gelombang 2 yang diselenggarakan Yayasan Sasmita Jaya Group memasuki hari kedua. Pada hari kedua ini, Ketua LLDikti IV, Prof. Dr. Uman Suherman, M.Pd. menjadi pembicara inti. Ia memberikan materi seputar tanggung jawab seorang pemimpin. Menurutnya pemimpin yang baik harus pandai dalam mengambil sebuah keputusan.

“Salah satu karakter pemimpin masa depan yaitu harus memiliki dasar pengambilan keputusan”. Ujarnya.

Pernyataan itu ia sampaikan setelah mendapat pertanyaan dari salah satu peserta pelatihan, Fiqih Apriadi. Dosen S1 Akuntansi tersebut bertanya perihal pilihan jabatan atau kuliah. Jika suatu saat nanti ada tawaran studi lanjut S3 ataukah jabatan di lembaga.

Mendapat pertanyaan tersebut, guru besar UPI itu menjawab kalau keduanya memungkinkan maka ambil dua-duanya. Namun jika salah satu memungkinkan maka pilih mana yang bisa diutamakan lebih dahulu.
Ia pun menjelaskan pengalamannya mengikuti postdoctoral di Jepang sebelum menjadi guru besar.

Selain Prof. Dr. Uman Suherman, M.Pd., Ketua Yayasan Sasmita Jaya, Dr (H.C.) Darsono juga mengisi materi kepemimpinan. Materi yang beliau sampaikan seputar karakter kesasmitaan. Ia juga menjelaskan makna dari sasmita pada kata sasmita jaya. Sasmita merupakan masa depan. Itu sebabnya Sasmita jaya selalu mencoba memberikan solusi masa depan bagi bangsa Indonesia. Menurutnya, pemimpin di bawah Yayasan Sasmita Jaya nantinya harus tanggap pada kondisi sosial di masa yang akan datang. Selain itu juga harus bisa menginspirasi masyarakat sekitarnya.

“Kalau orang lain saja peduli (kepada lembaga), saya harap teman-teman semua mau ikut mengembangkan lebaga kita (Yayasan Sasmita Jaya Group). Pemimpin harus memberikan inspirasi kepada anak buahnya”.

(MIS)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *