Studi Banding ke Unpam, UNY Ingin Seperti Unpam



Studi Banding ke Unpam, UNY Ingin Seperti Unpam

Tangerang Selatan (23/8/2019) : Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FTUNY) melakukan studi banding ke Universitas Pamulang, Jumat 23 Agustus 2019. Sebanyak 9 perwakilan FTUNY yang dipimpin oleh Dekan FTUNY, Dr. Widarto, M.Pd. diterima oleh Rektor Unpam, Dr. H. Dayat Hidayat, M.M. dan Ketua Yayasan Sasmita Jaya Group, Dr (H.C.) H. Darsono di Ruang Data lt 10 Kampus II.

Pada kunjungan tersebut, FTUNY ingin belajar seputar tenaga kependidikan, tenaga kebersihan, keamanan, pengelolaan program studi, penjaminan mutu, unit produksi, dan pengadaan sarana dan prasarana yang ada di Unpam selama ini.

Ketua Yayasan Sasmita Jaya, Dr. (H.C.) H. Darsono mengatakan bahwa Unpam dan UNY memiliki hubungan yang sangat erat. Selain ketua yayasannya juga alumni UNY, juga mendapatkan gelar doktor honoris causa juga dari UNY. Unpam tahun 2018 juga menjadi perguruan tinggi asuhan UNY.

“Secara pribadi Unpam dengan UNY punya jalinan keluarga. Borangnya dapat pendampingan dari UNY”.

Rektor Unpam, Dr. H. Dayat Hidayat, M.M. mengungkapkan kegembiraannya mendapat kunjungan dari UNY. Ia menggambarkan bahwa UNY adalah orang tua Unpam. UNY banyak mengajarkan banyak hal kepada Unpam.

“Kami sangat senang sekali. Anak dikunjungi orang tuanya”

Dr. Widarto menginginkan adanya efisiensi di fakultas yang dikelolanya. Ia berharap di akhir masa jabatannya tersebut bisa menerapkan prinsip kampus negeri tapi rasa kampus swasta.

“UNY itu sedang menerapkan kampus negeri tapi semangat swasta”.

Menurutnya, kampus swasta harus berjuang memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa agar tidak ditinggalkan peminatnya. Berbeda dengan kampus negeri yang selalu diminati oleh masyarakat. Namun, pada kampus negeri memiliki banyak tenaga kependidikan dan tenaga pengajar sehingga jam kerjanya tidak efektif.

Rombongan UNY sangat tercengang ketika tahu bahwa Prodi S1-Manajemen Unpam yang jumlahnya 24.064 mahasiswa ditangani oleh 12 tenaga kependidikan. Ia membandingkan dengan FTUNY dengan 3.000 mahasiswa.yang ditangani 115 tenaga pendidikan.

Selain itu, FTUNY juga belajar tentang pengelolaan produk inovasi unggulan di Unpam. Rektor mengajak rombongan FTUNY mengunjungi bengkel FT Unpam yang sudah berskala industri dan produknya sudah tersebar di seluruh Indonesia. (MIS)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *