Propesa Hari Kedua, Rektor Unpam : “Ini Namanya Bhineka Tunggal Ika”



Propesa Hari Kedua, Rektor Unpam : “Ini Namanya Bhineka Tunggal Ika”

Tangerang Selatan (29/8/2018) : Program pengenalan sistem akademik (Propesa) Unpam memasuki hari kedua. Kegiatan yang dilakukan di Aula Kampus II ini diikuti oleh 2.758 mahasiswa baru.  Diperkirakan propesa hari ketiga akan diikuti oleh 13 ribuan mahasiswa.

Sebelumnya, Universitas memperbolehkan mahasiswa baru memilih salah satu hari dari 3 hari pelaksanaan propesa. Hal itu dimaksudkan karena kapasitas aula tidak mampu menampung semua mahasiswa baru yang jumlahnya lebih dari 20 ribu mahasiswa.

Rektor Unpam Dr. H. Dayat Hidayat, M.M. mengajak mahasiswa baru untuk saling menghormati satu sama lain. Mahasiswa dan dosen saling menghormati. Mahasiswa menghormati sesama mahasiswa. Tak lupa beliau mempresensi mahasiswa baru berdasarkan provinsinya. Hal itu beliau lakukan karena mahasiswa baru Unpam datang dari 32 provinsi di Indonesia.

“Ini yang namanya Bhineka Tunggal Ika. Mari kita hormati bersama. Kita hidup bersama” pungkasnya.

Rektor mengajak mahasiswa untuk tidak berlaku rasis. Menurutnya, setiap keluarga besar Universitas Pamulang bersaudara satu sama lain. Hal itu sesuai dengan visi Unpam yang berlandaskan nilai humanis dan religius. Rektor juga mengajak mahasiswa untuk menunjukkan pada dunia bahwa mahasiswa Unpam itu beragam namun tetap harmonis.

Ketua Yayasan Sasmita Jaya, Dr. (H.C.) H. Darsono juga mengajak mahasiswa agar menghormati aturan yang diberlakukan oleh universitas. Unpam memiliki peraturan yang berbeda dengan kampus lain karena Unpam dibangun melalui semangat kebersamaan dan atas dasar keperihatinan terhadap masyarakat Indonesia.

“di Unpam ini ada aturan dan adat istiadat yang tertulis dan tidak tertulis namun harus dijalani oleh semuanya (dosen dan mahasiswa)”.

Beliau menjelaskan sejarah berdirinya Unpam yang berawal dari keperihatinan. Menurutnya, Unpam diambil alih oleh Yayasan Sasmita Jaya sejak 15 tahun yang lalu. Yayasan mencoba memberikan kesempatan kepada masyarakat kurang mampu karena perguruan tinggi negeri hanya menerima anak-anak orang kaya saja.

Unpam lahir untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya. Itu sebabnya Unpam memiliki aturan dan adat yang berbeda dengan kampus lain.

Unpam akan memulai perkualiahan perdana tahun ajaran 2019/2020 ganjil ini pada 2 September 2019. Unpam menerima 20.324 mahasiswa baru pada 17 program studi. Lokasi perkualiahan dilaksanakan di 3 tempat yakni Kampus I di Jalan Surya Kencana, Kampus II di Viktor-Serpong, dan Kampus Witanaharja. (MIS)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *