Persiapan Akreditasi Program Studi, Dua Asessor Latih Dosen Unpam Hadapi Akreditasi



Persiapan Akreditasi Program Studi, Dua Asessor Latih Dosen Unpam Hadapi Akreditasi

Tangerang Selatan (30/7/2019) : Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) mengundang 2 asessor untuk melatih tim borang akreditasi menghadapi instrumen akreditasi 4.0. Dua asessor tersebut yaitu Prof. Dr. Sugiono dari UNY Yogyakarta dan Dr. Eng. Agus Setiawan, M.Si. dari UPI Bandung.
Pelatihan tersebut digelar di Auditorium Kampus I pada 30 Juli 2019 dan diikuti oleh 173 dari masing-masing tim borang program studi. Ketua LPM Unpam, Dr. Muhammad Wildan, M.A. mengatakan bahwa kegiatan tersebut sengaja dilakukan agar setiap tim borang memahami dokumen apa saja yang harus dipersiapkan untuk menghadapi akreditasi.
“Kita berupaya aktif untuk mengadakan pelatihan ini agar mendapatkan hasil yang maksimal. Kalau pemerintah yang mengadakan pesertanya sedikit sekali. Paling banyak hanya 3 perwakilan dari masing-masing perguruan tinggi”.

Ketua Yayasan Sasmita Jaya, Dr. (H.C.) pun mendukung adanya kegiatan ini. Menurutnya, kalau Unpam sendiri tidak aktif maka sulit untuk mendapatkan akreditasi seperti yang diharapkan. Sebelumnya Unpam pun sudah sering mengadakan pelatihan terkait akreditasi sejak 2015. Hingga saat ini, sebanyak 9 prodi di Unpam sudah terakreditasi B. Sedangkan Unpam sendiri pun sudah terakreditasi B.

“Kita yang selalu aktif mengadakan pelatihan mengundang asessor langsung pun masih sulit mendapatkan B. Apalagi kalau tidak aktif.

Saat ini, format penilian akreditasi baik program studi maupun perguruan tinggi menggunakan versi terbaru sesuai dengan Perbanpt no 2 tahun 2019. Untuk itu Unpam perlu memahami instrumen akreditasi yang baru. Rektor Unpam, Dr. Dayat Hidayat, M.M. menjelaskan bahwa Unpam perlu menyesuaikan berbagai kebijakan untuk memenuhi standar penilaian akreditasi terbaru tersebut.

“Komponen penilaian perguruan tinggi ini selalu berubah setiap saat. Untuk itu kita perlu menyesuaikan diri”.

Dalam waktu dekat, 3 prodi juga akan mengajukan akreditasi. Ketiga prodi tersebut yaitu Prodi S1-Ilmu Hukum, Prodi S1-Manajemen, dan Prodi S1-Akuntansi. Ketiga Prodi tersebut masa berlaku akreditasnya akan habis pada 2021.

(MIS)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *