LPM Unpam Gelar Uji Publik Laporan Siskemu versi 4.0



LPM Unpam Gelar Uji Publik Laporan Siskemu versi 4.0

Tangerang Selatan (23/5/2019) : Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Pamulang menggelar Uji Publik pra peluncuran Siskemu versi 4.0 di Ruang Serba Guna, lt 8, Kampus II, Kamis, 23 Mei 2019.

Ketua LPM Unpam, Dr. Muhammad Wildan, M.A. menjelaskan bahwa uji publik tersebut dilakukan untuk dengar pendapat dari berbagai elemen di Universitas Pamulang terkait laporan siskemu baru tersebut. LPm mengharapkan banyak masukan guna kesempurnaan laporan siskemu sebelum diuji di lapangan nantinya.

Siskemu yang merupakan singkatan dari Sistem Kendali Mutu merupakan instrumen pengendalian mutu yang dilakukan oleh LPM sejak tahun 2017. Siskemu dibuat oleh dosen pengembang masing-masing prodi sebagai laporan kinerja prodi setiap akhir semester.

Dengan diberlakukannya instrumen akreditasi terbaru oleh BAN-PT, LPM melakukan peremajaan Siskemu agar nantinya tidak bertolek belakang dengan kebutuhan akreditasi baik prodi maupun perguruan tinggi. Laporan Siskemu tersebut nantinya dibagi menjadi 7 bidang yakni bidang kerja sama, bidang prestasi mahasiswa, bidang alumni dan pengguna alumni, bidang penjaminan mutu, bidang penelitian, bidang pengabdian masyarakat, dan terakhir bidang pendidikan.

Rektor Unpam, Dr. Dayat Hidayat, M.M. menambahkan bahwa perubahan instrumen akreditasi yang nantinya akan mengubah kriteria penilaian prodi dan lembaga membuat Unpam perlu melakukan kebijakan ekstrim. Menurutnya, di awal  penerapan nantinya akan terasa berat oleh prodi. Maka dari itu, standar mutu yang ditetapkan Unpam perlonggar dan nantinya akan dinaikkan setiap semesternya.

“Nantinya akan ada perubahan (kebiajakan) drastis. Akan ada kompetisi antara dosen dengan mahasiswa dalam hal tridharma. Tapi mau tidak mau harus kita ikuti”.

Rektor berharap setiap dosen harus berpartisipasi dalam mengembangkan prodi dan lembaga. Untyuk itu, prodi melalui Dekan fakultas dan ketua Prodi serta tim pengembang prodi harus bisa mendorong dosen dan mahasiswa untuk melaksanakan tridharma.

(MIS)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *