LPM Selenggarakan Simulasi Asesmen Lapangan Daring Di Program Studi Teknik Kimia



LPM Selenggarakan Simulasi  Asesmen Lapangan Daring Di Program Studi Teknik Kimia

Pamulang – Di tengah suasana Pandemi Covid 19 di tanah air, tidak menyurutkan BAN-PT untuk tetap melakukan asesmen lapangan. Namun, kali ini asesmen lapangan dilakukan secara daring (online). Berhubungan dengan hal tersebut, Universitas Pamulang sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang sebagian Program Studinya akan diakreditasi dalam waktu dekat. Oleh karena itu, semakin dekatnya kegiatan asesmen lapangan daring, khususnya untuk Program Studi Teknik Kimia  yang akan dilaksanakan pada tanggal 20-21 Juli 2020, maka Lembaga Penjaminan Mutu selenggarakan simulasi internal asesmen lapangan daring pada hari Selasa, 30 Juni 2020 melalui Zoom Cloud Meetings. Acara ini dihadiri oleh Ketua Yayasan Sasmita Jaya Grup Dr. (Hc). H. Darsono, Rektor Universitas Pamulang. Dr. H. Dayat Hidayat, M.M. Wakil Rektor II Dr. Subarto, M.Pd., Wakil Rektor III Dr. M. Wildan, S.S., M.A. yang juga bertugas sebagai asesor internal, Para Kaprodi dari prodi yang dalam waktu dekat akan diakreditasi, ketua IT Center Dr. Pranoto, M.M, dan Tim, Ketua LPM Imam Shofi’i, S.Ag, SE., MA.g., M.Pd. dan Tim, serta Tim Borang Program Studi.

Simulasi Asesmen Lapangan Prodi Teknik Kimia Melaui Zoom Cloud Meetings

Adapun acara dalam kegiatan ini dimulai dengan pembukaan simulasi, yang terdiri dari sambutan Ketua Yayasan Sasmita Jaya Dr. (Hc). H. Darsono dan sambutan Rektor sekaligus Opening Remark oleh Dr. H. Dayat Hidayat, M.M. Kemudian sesi dengan Pimpinan Unit Pengelola Program Studi berupa konfirmasi terkait rencana pengembangan UPPS/Fakultas, sistem tata pamong, sistem pengelolaan, capaian UPPS yang dilaporkan, dan rencana pengembangan Program Studi yang diakreditasi. Dilanjutkan dengan konfirmasi data LKPS atau borang dan excel data Program Studi berupa penetapan data LKPS atau borang final yang akan dijadikan dasar penilaian butir kuantitatif. Kemudian dilanjutkan dengan sesi dengan pelaksana Penjaminan Mutu Internal berupa Konfirmasi pelaksanaan, hasil dan efektivitas proses SPMI di UPPS yang meliputi seluruh siklus PPEPP, pengecekan dokumen standar, manual, instrument/tools, dan laporan berkala hasil SPMI di Unit Pengelola Program Studi. Selanjutnya Sesi dengan Tim Akreditasi mencakup Konfirmasi data dan informasi dalam Laporan Evaluasi Diri (LED) / Borang III A. Selanjutnya, Sesi dengan (middle) Manajemen di UPPS: Konfirmasi aspek yang terkait dengan pelaksanaan pengelolaan Perguruan Tinggi untuk area fungsional: program akademik (tridarma) dan pengelolaan sumberdaya (SDM, keuangan, aset dan fasilitas, serta sistem informasi). Kemudian Evaluasi hasil simulasi dan Penutup.

Tim LPM lakukan Asesmen Lapangan Daring dari Ruang IT Kampus Unpam Viktor

Pada kesempatan ini, Ketua Yayasan Sasmita Jaya Grup menyampaikan bahwa palaksanaan asesmen lapangan secara daring merupakan kegiatan perdana di Unpam dan memberikan motivasi  untuk mempersiapkan segala hal yang berhubungan dengan akreditasi nantinya.

“Simulasi Borang AL merupakan pertamakali dilakukan di Unpam. Semoga nantinya bisa dipersiapkan dengan baik pelaksanaan AL lapangan” Papar Pak Ketua Yayasan.

Ketua Prodi Teknik Kimia menjelaskan borang dan bukti fisik di kampus Unpam Viktor Lantai 10

Selanjutnya, Rektor juga memperkuat pernyataan yang disampaikan oleh Ketua Yayasan.

“Simulasi AL daring baru saat ini, maka perlu disimulasikan untuk akreditasi dan perlu adanya pendampingan intensif dari LPM dan Prodi tetap kompak dalam mempersiapkan AL daring sebagaimana dengan tujuan kita bersama” Papar Pak Rektor.

Adapun setelah simulasi AL daring, LPM akan selenggarakan simulasi AL daring selanjutnya dengan mengundang Assesor Eskternal. Sebagaimana yang disampaikan Ketua LPM dalam sambutannya.

“Selanjutnya akan diagendakan simulasi AL daring dengan mengundang assesor Eksternal” Papar Ketua LPM. (ZN)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *