Kembangkan Traccerstudy Online PSA Malaysia Belajar ke Unpam



Kembangkan Traccerstudy Online PSA Malaysia Belajar ke Unpam

Tangerang Selatan (9/9/2019) : Sebanyak 6 orang perwakilan Pejabat Urusan Persatuan Alumni Politeknik Sultan Salahudin Abdul Aziz Shah  (PSA) kunjungi Unpam untuk tingkatkan kerja sama di bidang pemberdayaan alumni. Rombongan tersebut dipimpin oleh Ketua Ikatan Alumni PSA (IKA PSA), Nurdin dan difasilitasi langsung oleh Wakil Rektor III Universitas Pamulang, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Sewaka, M.M. di Kampus II, Serpong.

Ketua IKA PSA mempelajari sistem pelacakan alumni yang ada di Unpam. Menurutnya, sistem peacakan di Unpam sudah lebih maju. Di Malaysia sendiri sampai saat ini belum ada satupun perguruan tinggi yang memiliki studi pelacakan alumni berbasis website. Sementara Unpam sudah memiliki dan mengoperasikannya sejak 4 tahun silam.

“PSA akan mencoba mengembangkan traccerstudy (studi pelacakan alumni) berbasis website (daring). Dan nantinya jika sudah berjalan maka akan jadi perguruan tinggi pertama di Malaysia (yang mengembangkan studi pelacakan alumni berbasis daring)” ujarnya.

Dr. Sewaka menyambut baik rencana pengembangan website tersebut. Unpam membuka pintu lebar-lebar jika pihak alumni PSA hendak belajar mengenai pemberdayaan alumni. Ia pun mengungkapkan rasa senangnya apabila Unpam dapat berbagi ilmu dengan pihak PSA.

Sementara informasi mengenai pengembangan studi pelacakan alumni langsung dijelaskan oleh Ketua Ikatan Alumni Sastra Indonesia (Ikalisasi) Unpam, Misbah Priagung Nursalim, M.Pd. Ia menjelaskan unsur apa saja yang harus ada di dalam website tersebut. Ia juga mengingatkan agar tidak menabrak peraturan yang ada di setaiap negara.

“Kalau di Indonesia, syarat alumni boleh mengisi traccer study itu kalau sudah 2 tahun setelah lulus. (ada) 10% (dari total) alumni juga sudah luar biasa. Alhamdulillah di Unpam 50% sudah mengisi”

Ia juga menambahkan agar setiap program studi juga memiliki ikatan alumni untuk menjaga kekompakan alumni. Sehingga, ikatan alumni di universitas hanya bersifat general saja.

Selain membahas traccer study, kedua ikatan alumni baik dari PSA dan Unpam juga mebeahas tentang program kerja alumni. Program kerja alumni sangat penting agar komunikasi antar alumni tetap berjalan dengan baik. Pihak IKA PSA juga membuka kesempatan kepada alumni Unpam untuk bertukar informasi seperti masalah riset dan pengambangan iptek yang lain.  (MIS)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *