IAPS versi 4.0 Resmi Diberlakukan BANPT



IAPS versi 4.0 Resmi Diberlakukan BANPT

Bekasi (9/4/2019) : Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT) menggelar sosialisasi instrumen akreditas program studi (IAPS) versi 4.0 pada 7-9 April 2019 di Hotel Santika Mega City Bekasi.
Pelatihan tersebut dihadiri oleh perwakilan 50 perguruan tinggi se-Jabodetabek. Unpam diwakili oleh Ketua LPM, Dr. Muhammad Wildan, M.A. dan Koordinator Humas, Misbah Priagung Nursalim, M.Pd.

Dalam sambutannya Ketua BANPT, Prof. T. Basarudin menjelaskan bahwa perubahan instrumen akreditasi tersebut untuk menjawab kebutuhan masyarakat ke depannya. IAPS dan IAPT yang berlaku sebelumnya sudah tidak relevan lagi dengan kebutuhan masyarakat maupun negara.

“Semuanya sudah berubah. Beberapa pekerjaan yang dulu ada sekarang sudah tidak ada dan digantikan oleh pekerjaan-pekerjaan baru. Begitu juga dengan instrumen akreditasi”.

Namun, menurutnya penilaian akreditasi versi 4.0 ini tidak bisa disamakan dengan hasil penilaian akreditasi versi 3.0 yang berlaku sebelumnya. Menurutnya, hal itu disebabkan karena instrumennya berbeda sehingga tidak bisa disetarakan. Selain itu, pada penilaian terbaru ini nantinya tidak menggunakan nilai ABC lagi melainkan menggunakan predikan Baik, Baik Sekali, dan Unggul.

“Kita membantu masyarakat agar mudah mengikuti seleksi CPNS. kan syaratnya lulusan perguruan tinggi yang baik”. Ujarnya.

Baik IAPS versi 4.0 nantinya terdapat 9 kriteria pokok perguruan tinggi yang akan dinilai. Semua itu dirangkum dalam Laporan Kinerja Program Studi (LPKS) dan Laporan Evaluasi Diri (LED). Instrumen LKPS dijelaskan oleh Prof. Dr. Johny Wahyudi Soedarsono, DEA. dari Universitas Indonesia. Sedangkan instrumen LED dijelaskan oleh Dr. Ahyar Yuniawan, M.Si. dari Undip Semarang.
(MIS)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *