Hubungi Kami : Tlp. 021-7412566 . Fax 74709855

Penjaminan Mutu


Lembaga Penjaminan Mutu dan Kualitas (LPMK) Unpam

  • Sejak pertama kali dibentuk pada tahun 2014, lembaga yang mengatur mutu di Universitas Pamulang ini diberi nomenklatur Lembaga Penjaminan Mutu (LPM). Sedangkan pada tahun 2016 LPM berubah menjadi LPMK, yaitu Lembaga Penjaminan Mutu dan Kualitas. Keberadaan LPMK di tingkat universitas sejatinya menerjemahkan visi mulia yang diusung oleh Universitas Pamulang, yaitu menjadi universitas berkualitas dalam tridarma perguruan tinggi, terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat dalam lindungan dan rida Tuhan Yang Maha Esa.
  • Kata kunci visi Unpam ada pada kata “berkualitas”. Berkualitas dari sejumlah sisi, seperti pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Oleh karenanya, LPMK Unpam memiliki kewajiban meningkatkan mutu tridarma perguruan tinggi di lingkungan Unpam. Langkah taktis terhadap hal itu, LPMK Unpam melakukan sejumlah langkah: membangun pola kerja yang merujuk pada standar operasional prosedur (SOP) dan menetapkan standar penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Hal demikian untuk dilaksanakan secara  terus menerus dan berkelanjutan.
  • Langkah-langkah itu diimplementasikan ke dalam SISKEMU atau sistem kendali mutu berkelanjutan, yang di dalamnya terdapat enam bidang, yaitu: bidang pengembangan pendidikan, bidang pengembangan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, bidang pembinaan kemahasiswaan dan alumni, bidang pengembangan kerjasama, bidang pengembangan mutu, dan bidang pengembangan sistem informasi. Sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi, keenam bidang itu dilakukan monitoring setiap akhir semester.
  • Sejatinya LMPK Unpam membantu Rektor dalam melaksanakan proses penjaminan mutu di Universitas Pamulang. Lembaga ini dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 50 tahu 2014 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Untuk itu, LPMK Unpam melaksanakan sistem penjaminan mutu internal (SPMI) maupun mempersiapkan sistem penjaminan mutu eksternal (SMPE) atau yang kerap dikenal dengan akreditasi.