Hubungi Kami : Tlp. 021-7412566 . Fax 74709855

BPS Banten Buka Statistik Corner di Unpam



BPS Banten Buka Statistik Corner di Unpam

Tangerang Selatan (19/12/2018) : Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten gelar diseminasi hasil sensus ekonomi 2016 di Perpustakaan Unpam I pada 19 Desember 2018. Diseminasi yang dilakukan terbatas tersebut dihadiri oleh Direktur Diseminasi BPS-RI, Ir. Adi Wiryana, M.Si., kepala BPS Tangsel, dan beberapa pejabat Unpam.

Selain melakukan diseminasi BPS Banten, juga membuka Lembaga Pusat Statistik (LPS) Corner  di perpustakaan. Tujuan utama pembuatan LPS Corner tersebut adalah untuk mendekatkan BPS kepada pengguna statistik. Ketua Yayasan Sasmita Jaya, Dr. (H.C.) Darsono. mengatakan bahwa LPS ini sangat penting bagi mahasiswa dan dosen Unpam. Setiap bulan dosen dan mahasiswa membutuhkan data statistik untuk penelitian agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Setiap bulan lebih dari 2000 mahasiswa Unpam mebutuhkan data stastistik untuk tugas akhir. Belum lagi dosennya untuk menyusun jurnal. Semoga (LPS) bermanfaat untuk mahasiswa sehingga hasil TA (tugas akhir) bisa bermanfaat bagi masyarakat”. Papar ketua Yayasan saat memberikan sambutan.

LPS Corner tersebut nantinya memiliki 2 layanan yakni perpustakaan digital dan perpustakaan cetak. Nantinya, akan ada 2 petugas dari BPS Tangsel yang membantu di perpustakaan Unpam. Namun karena keterbatasan SDM, petugas tersebut hanya aktif 2 hari setiap minggunya. Dengan adanya LPS Corner tersebut diharapkan mahasiswa lebih mudah mendapatkan data statistik tanpa harus ke kantor BPS. Adi Wiryana mengatakan bahwa 54% dari 17 juta pengakses data BPS adalah mahasiswa dan dosen.

LPS Corner Unpam ini sendiri merupakan LPS Corner kedua di Provinsi Banten. Sebelumnya BPS Banten sudah membuka LPS Corner di Untirta. Sejak dibukanya LPS di Untirta, pengunjung menjadi sangat antusias karena tidak perlu bersusah-susah ke kantor BPS.

‘Kebiasaan mahasiswa adalah alergi membaca tabel. Untuk itu, kita sediakan infografis. Jadi lebih muda bacanya’

Rektor Unpam, Dr. Dayat Hidayat, M.M. mengatakan bahwa kerja sama dnegan BPS sudah berjalan sejak lama sehingga sudah sangat akrab terutama dengan BPS Tangerang Selatan. Dengan jumlah mahasiswa aktif sebanyak 84.000 mahasiswa tentunya kehadiran LPS Corner tersebut sangat membantu mahasiswa.

“Alhamdulillah di Unpam sudah ada BNI Corner, Pegadaian Corner, sekarang ada BPS Corner” Ujar rektor. (MIS)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *