Hubungi Kami : Tlp. 021-7412566 . Fax 74709855

Kejar Kualitas Publikasi Ilmiah, Unpam Gandeng Turnitin



Kejar Kualitas Publikasi Ilmiah, Unpam Gandeng Turnitin

Tangerang Selatan (1/8/2018): Sesuai dengan visi Unpam tahun 2024 masuk 40 besar perguruan tinggi nasional, Unpam kejar kualitas. Salah satunya kualitas publikasi ilmiah dosen dan mahasiswa.

Melalui LPPM, Unpam gandeng Turnitin untuk melatih dosen dalam pengecekan plagiasi karya tulis sebelum dipublikasikan. Publikasi tersebut meliputi laporan hasil penelitian, jurnal, bahkan tugas akhir mahasiswa.

Turnitin turunkan instrukturnya, Frida Tri Ekaputri untuk melatih dosen Unpam. Pelatihan tersebut berupa pembuatan akun Turnitin dan bagaimana cara pengelolaannya.

Sebelumnya, aplikasi Turnitin merupakan salah satu aplikasi yang disarankan oleh Menristekdikti sebagai alat pendeteksi plagiasi di perguruan tinggi.

Acara yang berlangsung di ruang VIP kampus I tersebut dihadiri oleh seluruh pengelola jurnal yang ada Unpam.

Wakil Rektor II, Dr. Subarto, M.Pd. menegaskan bahwa Unpam mulai mengejar kualitas. Sebelumnya, Unpam sudah besar dari sisi kuantitas, baik dari jumlah dosen ataupun jumlah mahasiswanya. Jumlah dosen Unpam saat ini mencapai 1806 dosen tetap. Sedangkan jumlah peserta didik mencapai 80 ribu mahasiswa. Dari jumlah sebanyak itu, tentunya harus dibarengi dengan kualitas. Salah satunya kualitas publikasi ilmiah mahasiswa dan dosen.

“Yayasan (Sasmita Jaya) mencoba memberikan fasilitas ke arah sana (mutu publikasi). Dengan adanya software ini, Unpam berharap mampu menjadi role model perguruan tinggi lain”. Kata warek II.

Berlangganannya Unpam pada software Turnitin merujuk pada instruksi Menristekdikti bahwa setiap karya tulis dosen wajib melewati pengecekan plagiarisme berbayar terlebih dahulu sebelum dipublikasikan. Salah satunya adalah aplikasi Turnitin ini.

Saat pelatihan, dosen mencoba mengunggah salah satu naskah jurnal yang akan diterbitkan untuk mengetahui berapa nilai plagiasinya. Hasilnya beragam. Ada yang 7% bahkan ada juga yang mencapai 48%. Menanggapi hal itu, Frida menjelaskan bahwa angka tersebut masih belum final. Masih bisa dicek kembali letak plagiasinya.

“Angka persentase yang tampak di akun belum final. Semua tergantung dari Bapak-Ibu nantinya. Karena bisa dilihat lagi. (Nilai plagiasi) itu rumus, teori, atau apa. Turnitin ini hanya alat ya? Jadi tidak bisa men-judge bahwa penulis tersebut plagiat”. Ujar Frida.

Ketua LPPM Unpam, Dr. Ali Maddinsyah, M.M. meminta kepada dosen peserta pelatihan segera melatih dosen-dosen lain di setiap prodi masing-masing. (MIS)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *