Hubungi Kami : Tlp. 021-7412566 . Fax 74709855

Untaian Kata Seorang Dosen, Buku Kumpulan Puisi Karya Para Dosen Unpam



Untaian Kata Seorang Dosen, Buku Kumpulan Puisi Karya Para Dosen Unpam

Fakultas Sastra Program studi sastra Inggris Universitas Pamulang (Unpam) Tangerang Selatan membuat terobosan. Menyusul penerbitan buku kumpulan puisi karya-karya para dosen Sastra Inggris bertajuk Untaian Kata Seorang Dosen Antologi Puisi Dosen Sastra Inggris Universitas Pamulang.

Buku setebal 134 halaman ini berisi lebih dari seratus buah puisi. Kesemuanya merupakan karya dosen Program Studi Sastra Inggris Universitas Pamulang. Adapun para dosen tersebut adalah peserta Pelatihan Penulisan Sastra yang diadakan oleh Pusat Bahasa di perguruan tinggi tersebut. Puisi-puisi dalam antologi ini bertema bebas, namun tetap mempertahankan etetika dan etika berpuisi.

Sastra (Puisi dan Cerpen) di Unit Pusat Bahasa (UPB) Unpam yang dibimbing langsung Washadi, yang dikenal dengan nama Hadi Sastra, seorang pendidik sekaligus sastrawan yang telah cukup banyak berkarya di bidang sastra. Kelas Angkatan I ini diikuti 21 orang dosen Program Studi Bahasa Inggris, yaitu: 1) Hj. Djasminar Anwar, 2) Akbar Kurtubi, 3) Dafitri Andri, 4) Eka Margianti Sagimin, 5) Haryati, 6) Indrani Dewi Anggraini, 7) Kamil Falahi, 8) Laksmy Ady Kusumoriny, 9) Lida Holida Mahmud, 10) Prihatin Puji Astuti, 11) Rani Dewi Yulyani, 12) Ratmo, 13) Ria Adriyani, 14) Setiana SW. Sitepu, 15) Shinta Aziz, 16) Sukma Septian Nasution, 17) Sunardi, 18) Tryana, 19) Tutut Sumartini, 20) Wirhayati, dan 21) Yan Ardian Subhan.

Editor Buku Hadi Sastra mengatakan, puisi adalah ungkapan perasaan dari penulis/penyair yang disampaikan dengan bahasa puitis. Bahasa puitis tersusun atas kumpulan diksi dan irama yang membangun kekuatan puisi. Diksi dan irama yang baik akan melahirkan puisi yang baik. Puisi yang baik mampu menyampaikan bahasa hati penulis/penyairnya dengan estetika dan kedalaman makna yang dapat dinikmai oleh khalayak pembacanya.

Jawab Permasalahan

“Setiap saat selalu lahir puisi. Kreativitas dan konsistensi penyair semakin berkembang. Terbukti, hampir setiap hari terbit buku-buku antologi puisi, baik secara personal maupun kolektif. Namun, di balik maraknya penerbitan buku-buku tersebut, penerbitan buku kumpulan/antologi puisi yang secara khusus memuat karya dosen-dosen terbilang masih jarang. Untuk itu, hadirnya buku ini diharapkan dapat mejawab permasalahan tersebut,” ujar Hadi Sastra di pengantar buku yang bakal beredar umum di toko-tokoh buku.

Dekan Fakultas Sastra Universitas Pamulang Hj. Djasminar Anwar mengucapkan alhamdulillah, akhirnya Antologi Puisi Dosen Sastra Inggris UnpM ini selesai dibukukan. Disamping kesibukan para dosen mengajar, melaksanakan penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, tapi masih dapat menyisakan waktu untuk mengikuti kelas Pelatihan Penulisan.

“Masing-masing dosen menulis lima judul puisi dengan tema yang berbeda-beda. Dengan demikian, terkumpul lebih dari seratus judul puisi. Terima kasih kami sampaikan kepada Ketua Yayasan Sasmita Jaya, Bapak Dr. (HC) H. Dharsono dan Rektor Universitas Pamulang Bapak Dayat Hidayat yang telah menyetujui paparan program kursus yang terkait dengan bidang bahasa dan sastra,” ujar Djasminar dalam sambutan pada buku puisi ini juga.

Selanjunya, lanjut Djasminar, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Wakil Rektor II H. Subarto atas dukungannya dalam pengembangan profesi dosen di Unpam. “Semoga program ini dapat berjalan dengan baik dan berkelanjutan. Besar harapan, para peserta pelatihan dapat menyerap dan mengembangkan ilmu yang telah didapatkannya dengan sebaik-baiknya,” ujar Djasminar yang juga Kepala Program Studi Sastra Inggris Unpam. (lin)

http://semarak.co/untaian-kata-seorang-dosen-buku-kumpulan-puisi-karya-para-dosen-unpam/


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *