75 Dosen Unpam Lulus Sertifikasi Dosen Tahap 1



75 Dosen Unpam Lulus Sertifikasi Dosen Tahap 1

Tangerang Selatan (29/5/2019) : Kabar gembira datang dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, Selasa, 28 Mei 2019. Kabar tersebut berupa pengumuman kelulusan sertifikasi dosen (serdos) tahap 1.

Sebelumnya, Maret 2019 sebanyak 198 dosen Unpam diajukan untuk mengikuti seleksi serdos tahap 1. Namun, hanya 112 dosen yang bisa lanjut ke proses pengisian deskripsi diri.  Kemudian, setelah dilakukan penilaian oleh asessor dan diusulkan dalam Yudisium Nasional, sebanyak 75 dosen dinyatakan lulus dalam sertifikasi dosen tahap 1. Sementara, 37 dosen lainnya ada yang tidak lulus sebanyak 6 dosen dan 31 dosen belum dinilai oleh asessor. Data tersebut diperoleh dari Wakil Rektor II, Dr. Subarto, M.Pd.

“Data sementara lulus 75, belum dinilai 31 dan tidak lulus 6”

Menanggapi banyaknya peserta yang belum mendapatkan penilaian oleh asessor membuat salah satu staf LLDIKTI IV, Ibu Nana berkomentar dalam grup WA PSD PTULLDikti IV, bahwa dosen yang belum dinilai asessor akan diikutsertakan pada sertifikasi tahap 2.

“Belum dinilai dikarenakan dokumen publikasi tidak ada atau DD (deskripsi diri) kurang dari 24 butir, dokumen  sertifikat aa atau pekerti tidak ada, akan diikutsertakan pada gelombang 2”.

Selain itu, beliau juga mengucapkan selamat kepada yang sudah lulus proses serdos.

Salah satu dosen Prodi S1-Manajemen, Dr. I Nyoman Marayasa mengaku senang dan bersyukur sekali karena sudah tiga kali mengikuti serdos namun baru kali ini ia berhasil lulus.

“Senang dan bersyukur banget bisa lolos dgn penuh perjuangan dari mulai test Toep & TKDA smpe membuat DD. Ini yang ketiga kalinya saya ikut test serdos”

Ia juga memberikan saran kepada calon peserta lain agar memperhatikan beberapa aspek seperti nilai TOEP, TKDA, dan persepsi diri. Ia pun menyarankan agar tidak mencontoh deskripsi diri orang lain karena akan terindikasi plagiasi dan membuat peserta tidak akan lulus.

Jika Dr. Nyoman sudah tiga kali mengikuti serdos, berbeda dengan dosen Prodi S1-Akuntansi, Listya Sugiyarti. Ia baru pertama kali mengikuti serdos. Ia juga salah satu dari 75 dosen Unpam yang dinyatakan lulus serdos. Menurutnya ada banyak kendala selama proses serdos salah satunya adalah server yang tidak bisa diakses.

“Upload dokumen, input data, create narasi yang bisa dipertanggungjawabkan dan kejujuran merupakan bagian proses ini. Eh Server membleh..yah dicoba lagi, tak usah membleh juga pasti bisa, yang penting semangat dan positive thinking, percayakan saja dengan pihak terkait”

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *